26 Juni, 2008

Bekannte Verschommenheit


Saya ikut lomba foto. Lomba untuk mahasiswa yang studi di Universitas Leipzig. Dua lembar foto saya kirim. Salah satunya (foto di atas) memenangkan juara pertama untuk kategori mahasiswa asing. Foto itu saya beri judul "Bekannte Verschommenheit" atau kekaburan yang akrab.

Di ruang simpan di Perpustakaan Albertina, Leipzig, saya menjepret foto itu. Perpustakaan ini berdiri tahun 1543, lantas jadi milik universitas. Kerap saya mengerjakan tugas di ruang baca yang nyaman di perpustakaan ini. Universitas Leipzig sendiri - berdiri tahun 1409 - adalah universitas tertua kedua di Jerman setelah Universitas Heidelberg.

Lomba ini diselenggarakan oleh bagian International Relation di Universitas Leipzig bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Riset Jerman (BMBF) serta Dinas Pertukaran Akademis Jerman (DAAD). Sudah dua kali lomba ini diselenggara.

Tema lomba tahun ini adalah "Leipziger (R)Einblicke, Leipziger (R)Ausblicke". Kurang lebih, alihbahasanya adalah "perspektif ke dalam dan ke luar dari orang Leipzig." Foto-foto terpilih dan pemenang dapat dilihat di sini.

***

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Sonny,
Selamat! Dijepret pakai kamera tipe apa? keren gambarnya...

Anonim mengatakan...

Dendi,

thanks. Saya ambil pake Nikon (keluarga 40 D). Waktu jepret, ngga bawa stativ - saya duduk biar lutut dan siku bisa jadi penopang agar kameranya ngga goyang...hehehe. Focal length-nya 18mm. (1/5 detik - F/3.5)

Sonny












Menangkap ikan di Danau Tondano, Sulawesi Utara (Foto: S Mumbunan).

Baca juga

Salah kaprah "Ekonomi pasar sosial"?

Elite muda Jakarta bikin ikrar. Mereka mengibarkan ekonomi pasar sosial dan sosial-demokrasi. Adakah yang keliru dengan konsep kaum muda itu?

Membongkar korupsi di utara Minahasa

Bupati Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, menuntut warganya sendiri milyaran Rupiah. Mengapa anak-anak muda setempat melawan Bupatinya? Apa kaitannya dengan Kutai Kartanegara, di Kalimantan Timur?


Posting terbaru

.

Komentar